Ingin Meningkatkan Mood? Coba Konsumsi Cokelat dan 6 Makanan Ini

– Kawan Puan sedang ingin meningkatkan mood? Saat sedang bad mood atau dalam suasana hati yang buruk, Kawan Puan mungkin pernah tergoda menyantap makanan yang tak sehat. Sebab, kamu menganggap konsumsi makanan sembarangan itu bisa meningkatkan mood.

Padahal bukan demikian. Makanan favorit memang mungkin bisa membuat mood mu pun menjadi baik, tapi tak berjalan selaras dengan apa yang terjadi di tubuh ke depannya. Menyantap makanan yang bisa meningkatkan mood seperti yang berkalori tinggi dan makanan manis justru bisa berdampak bagi masalah kesehatanmu. Oleh sebab itu, kamu harus lebih selektif dalam mencari makanan yang bisa meningkatkan mood, misalnya saja cokelat.

Mengutip dari Eating Well , dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Nestlé Research Center di Swiss, para peneliti menemukan bahwa makan sedikit cokelat hitam bisa mengurangi stres. Di mana setidaknya Kawan Puan makan 1,4 ons setiap hari selama dua minggu untuk mengurangi kadar kortisol dan hormon stres lainnya. Hal ini terjadi berkat antioksidan yang ditemukan dalam cokelat hitam.

Selain cokelat hitam, adapun makanan lain yang tentunya sehat dan bisa meningkatkan suasana hati Kawan Puan, di antaranya: Kadar asam lemak omega 3 memiliki nutrisi penting yang mampu meningkatkan suasana hati dan yang tidak diproduksi oleh tubuh. Omega 3 mengubah bahan kimia otak yang terkait dengan suasana hati, khususnya dopamin dan serotonin.

Tak hanya salmon, ikan lain seperti makarel, tuna, herring, dan ikan berlemak lainnya dapat membantu menurunkan kecemasan. Menyeruput secangkir teh hijau bisa menjadi cara untuk menenangkan saraf, dan mencerahkan suasana hati yang tidak baik. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, minum dua hingga tiga cangkir teh hijau sehari dikaitkan dengan peningkatan suasana hati.

Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung L theanine dan asam amino yang membantu melawan kecemasan. Teh hijau juga memiliki beberapa kafein untuk menurunkan rasa sedih. Tiram merupakan salah satu jenis kerang kerangan yang dipercayai menjadi makanan afrosidak terbaik.

Manfaat tiram untuk meningkatkan suasana hati itu lebih tinggi daripada membangkitkan gairah seksual. Pasalnya tiram kaya akan seng yang merupakan nutrisi untuk membantu meredakan kecemasan. Seng juga membantu meningkatkan kualitas tidur dan penting untuk menjada keseimbangan tubuh, sekaligus dapat meningkatkan mood secara instan.

Blueberry adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan otak. Hal ini dikarenakan blueberry memiliki antioksidan yang disebut sebagai flavonoid dan bekerja membantu suasana hati, meningkatkan memori, serta melindungi otak dari penuaan. Adapun senyawa kimia anti inflamasi dalam blueberry yang dapat membantu mengobati masalah kesehatan mental.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale itu bisa meningkatkan suasana hati juga. Kandungan mineral dan magnesium pada sayuran berdaun hijau dapat mengurangi kecemasan. Selain sayuran tersebut, Kawan Puan pun bisa menyantap sumber makanan lain seperri kacang kacangan, lentil, dan alpukat agar mood kian membaik.

Makanan fermentasi yang tinggi akan probiotik seperti yogurt dan kimchi dapat membantu menjaga suasana hati. Perlu Kawan Puan pahami bahwa ada hubungan antara bakteri baik di usus yang seimbang dengan suasana hati yang baik pula. Di mana orang yang keadaan ususnya sehat, lebih sedikit mengalami stres dan kecemasan, serta risiko depresi pun jauh lebih rendah.

Kawan Puan, itulah makanan yang bisa bantu meningkatkan mood yang bisa kamu coba. Di antara jenis makanan tersebut, adakah yang menjadi favoritmu? (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

About admin

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos, PKH, & Beras 10 Kg, Beserta Cara Daftarnya
Next post Mobil Terseret ke Jalur Rel Kereta Api di Stasiun Hankyu Okamoto Jepang, 2 Orang Terluka