Di antara banyak penyakit degeneratif, penyakit darah tinggi acapkali disebut sebagai silent killer. Ini karena acapkali ciri ciri darah tinggi tidak mudah dikenali sehingga pasien tidak menyadari bahwa dirinya sedang terserang penyakit tekanan darah tinggi.

Padahal, mengabaikan gejala penyakit tekanan darah tinggi dapat berakibat fatal. Hipertensi dapat memicu kerusakan organ tubuh, termasuk jantung, otak, saraf hingga sistem pembuluh darah. Sebagaimana disebut sebagai silent killer, penyakit ini juga bisa mematikan.  

Untuk itu, penting untuk Anda selalu memahami seperti apa sebenarnya gejala dari penyakit darah tinggi atau hipertensi ini. Semakin Anda memahami gejalanya, semakin Anda dapat segera melakukan diagnosa sedini mungkin .

Ciri Ciri Darah Tinggi Yang Kerap Sulit Dikenali

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi acapkali menunjukan gejala yang lebih seperti penyakit ringan pada umumnya. Adapun beberapa ciri ciri darah tinggi yang acapkali sulit untuk Anda kenali adalah sebagai berikut.

Pusing

Pusing bisa dikatakan sebagai penyakit lazim yang terjadi pada semua orang. Termasuk pada mereka yang tengah mengalami gangguan tekanan darah tinggi. Ini salah satu gejala umum yang paling sulit dibedakan.

Namun, ketika pusing terjadi relatif sering, disertai rasa limbung atau bahkan kehilangan keseimbangan. Bisa jadi ini akibat efek tekanan darah yang terlalu tinggi dan mengganggu fungsi otak. Sebaiknya periksakan diri Anda sesegera mungkin.

Wajah memerah

Wajah tampak merah dan sedikit bengkak bisa jadi hanya efek pemakaian make up atau paparan sinar matahari. Tetapi bisa jadi karena sirkulasi darah yang tidak lancar, sehingga ada tekanan darah yang kuat di permukaan wajah. Pengaruh hipertensi pada permukaan wajah dijelaskan dalam salah satu jurnal The Journal Clinical of Hypertension  tahun 2022.

Kelelahan dan pegal pegal

Anda bisa saja merasa lelah dan pegal pegal pasca beraktivitas lebih banyak seharian. Atau karena istirahat Anda tidak cukup dalam satu hari. Tetapi, bisa pula efek kelelahan ini terjadi karena otot dan saraf tubuh Anda tidak mendapatkan sirkulasi darah yang sehat. Dan gangguan semacam ini terjadi pada kasus tekanan darah tinggi.

Sakit kepala hingga leher

Sakit kepala adalah ciri ciri darah tinggi lain yang cukup sering terjadi. Sayangnya orang bisa mengalami keluhan serupa karena banyak penyebab lain. Sehingga sulit untuk pasien membedakannya.

Hanya sakit kepala pada kasus tekanan darah tinggi cenderung disertai rasa berdenyut, tekanan dan rasa kaku hingga leher, bahu yang berat dan rasa seolah kepala membengkak. Biasanya ini akibat sirkulasi darah keluar dari otak yang tidak lancar dan memicu efek tekanan yang kuat di otak.

Perdarahan kecil

Anda menemukan adanya bercak darah di mata. Atau mata Anda tampak kemerahan dengan jelas. Bisa pula Anda merasakan mimisan. Bila gejala ini muncul bersama dengan ciri ciri darah tinggi lain seperti sakit kepala dan pegal pegal, sebaiknya Anda lakukan tindakan lebih lanjut. Bisa jadi, ini adalah perdarahan ringan akibat tekanan darah yang tinggi di kepala.

Kadang gangguan tekanan darah tinggi yang menyerang otak ini juga memicu gangguan pada indera. Seperti pada telinga dan mata berupa pendengaran yang turun, berdenging atau penglihatan kabur.

Rasa tidak nyaman di dada

Ciri ciri darah tinggi lain yang acapkali muncul adalah sesak nafas dan rasa nyeri di dada. Ini bisa terjadi akibat tekanan darah mengganggu kinerja jantung. Bila diperhatikan Anda akan menemukan ritme jantung yang berdetak tidak teratur.

Rasa nyeri dan sesak biasanya berpusat pada dada kiri. Bisa pula turut menyebabkan efek mual, sulit bernafas serta rasa kaku di dada. Ini merupakan tanda awal bahwa tekanan darah tinggi sudah menyebabkan gangguan pada kerja jantung.

Itulah sedikit gambaran mengenai ciri ciri darah tinggi. Ada lebih banyak informasi dan artikel kesehatan mengenai darah tinggi dalam laman kesehatan SehatQ untuk Anda yang ingin lebih memahami penyakit hipertensi. 

 

About admin

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Gerakan Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat Berikut Agar Terhindar Dari Perut Buncit – SehatQ
Next post Pilihan Pengobatan Pengidap PCOS adalah