Kisah Kolonel Sanders Bangun Bisnis Hingga Sukses Temukan Resep Rahasia KFC

Banyak orang penasaran dengan resep rahasia ayam goreng Kentucky Fried Chicken (KFC) yang ditemukan oleh Kolonel Sanders. Dibalik kesuksesannya, penemu bumbu rahasia KFC ini cukup banyak mengalami jatuh bangun. Dikutip dari Biography, Kolonel Sanders yang bernama asli Harland David Sanders lahir di Henryville, Indiana, 9 September 1890.

Kehidupan sang kolonel tidak mudah. Di usianya yang keenam tahun, sang ayah meninggal dunia. Karena sang ibu bekerja, Kolonel Sanders kecil bertugas untuk mengurus saudara saudaranya. Saat berusia 16 tahun, Sanders mendaftar menjadi tentara. Setahun setelah mengabdi di dunia militer, ia bekerja di stasiun sebagai buruh. Karena terlibat perkelahian, Sanders kemudian dipecat. Melansir dari Medium, Kolonel Sanders mencoba banyak pekerjaan sepanjang hidupnya. Sanders pernah menjadi agen asuransi hingga menjual ban. Sayangnya dia sering mengalami kegagalan saat bekerja.

Meskipun demikian, pendiri KFC ini tidak pernah menyerah. Pada 1930, dia mulai bekerja di pompa bensin di daerah Kentucky. Sanders, selain bekerja di pom bensin, juga mulai menyajikan berbagai panganan untuk para pengunjung. Kemampuannya dalam memasak memang sudah terlatih sejak di masih anak anak.

Tidak heran jika banyak pengunjung yang menggemari masakannya. Pada 1939, Kolonel Sanders menemukan resep ayam goreng yang lezat. Ayam goreng tersebut menggunakan "11 bumbu rahasia" dan menggorengnya di panci presto. Kelezatan menu milik Sanders membuat gubernur Kentucky saat itu memberikan gelar Kolonel. Gelar ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan oleh pemerintah.

Pada 1952, Kolonel Sanders membuat kesepakatan dengan Pete Harman. Ia menjual resep ayam miliknya dengan kesepakatan mendapat royalti. Kolonel Sanders mendapatkan royalti sebesar 4 sen setiap satu potong ayam yang terjual. Dia juga membuat kesepakatan yang sama dengan beberapa restoran lokal. Pada 1955, Kolonel Sanders dan istrinya mulai berkeliling untuk menawarkan kerjasama pada berbagai restoran.

Usahanya membuahkan hasil yang terbukti dengan lebih dari 600 cabang franchise di berbagai daerah yang dimiliki Sanders pada tahun 1964. KFC perlahan dikenalkan di khalayak luas pada 1966. Tiga tahun setelahnya, KFC masuk ke bursa saham New York. Di 1971, Heublein Inc. mengakuisisi KFC Corporation seharga US$ 285 juta. Di bawah Heublein, KFC memiliki lebih dari 3.500 gerai di seluruh dunia.

Meski begitu, Kolonel Sanders masih aktif mengunjungi beberapa restoran KFC di dunia. Dia berkunjung sebagai ambassador KFC. Pendiri sekaligus penemu 11 bumbu rahasia ayam goreng KFC ini meninggal di usia 90 tahun pada 16 Desember 1980 di Louisville, Kentucky. Artikel ini sudah tayang di KONTAN dengan judul:

About admin

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Kesaksian Siswa Selamat dari Tragedi Susur Sungai di Ciamis, Kabur Usai Warga Sebut Tempatnya Angker
Next post Presiden Jokowi: Pemerintah Terus Berupaya Beri Kemudahan Akses Keuangan Bagi UMKM