Apa Itu Blind Spot Truck? Berikut Pengertian dan Cara Menghindari Blind Spot

Simak penjelasan menganai Blind Spot Truck dalam artikel ini. Blind Spot Truck bisa juga disebt No Zones. Dikutip dari , A No Zone adalah area di sekitar truk, di mana mobil orang lain tidak lagi terlihat atau begitu dekat sehingga truk tidak dapat berhenti atau bermanuver dengan aman.

Pengemudi kendaraan dan penumpang salah berasumsi bahwa pengemudi truk dapat melihat jalan dengan lebih baik karena lebih tinggi dari tanah. Meskipun pengemudi truk memiliki pandangan ke depan yang lebih baik dan kaca spion yang lebih besar, mereka masih memiliki titik buta yang serius. Area titik buta ini meliputi, di depan, di belakang, dan di sepanjang setiap sisi, terutama di sisi kanan.

Mengutip , Blind Spot Truck adalah area di sekitar truk di mana penglihatan pengemudi truk hilang atau terbatas. Pengemudi tidak dapat melihat area tersebut ketika mereka melihat melalui kaca spion samping atau belakang. Titik buta adalah hasil dari panjang dan tinggi truk.

Karena truk besar, pengemudi tidak dapat melihat bagian bagian tertentu di dekat kendaraan dan jalan raya. Selain itu, kaca depan serta ukuran dan desain dasbor juga berkontribusi pada titik buta. Anda tidak akan selalu bisa menghindari memasuki blind spot semi truk.

Namun, sangat penting bahwa Anda menghindari tinggal di tempat tempat ini untuk menghindari kemungkinan bahaya. Jika tidak, truk mungkin beralih ke jalur kendaraan lain dan menabrak. Dalam banyak kasus, kecelakaan truk yang diakibatkan oleh blind spot menyebabkan kematian penumpang kendaraan lain yang lebih besar daripada pengemudi truk.

Langkah paling baik yang dapat di lakukan untuk menghindari kecelakaan truk adalah dengan menghindari titik butanya, yang juga dikenal sebagai "zona tanpa zona". Ada beberapa jenis zona ini. Pertama adalah zona di depan.

Zona ini mencakup panjang 20 mobil di area depan kabin. Pengemudi truk duduk jauh lebih tinggi daripada pengemudi kendaraan lain, dan ini menyebabkan mereka tidak dapat melihat mobil tepat di depan mereka. Kedua, zona di sisi kanan.

Area ini berada di belakang kabin truk di sebelah kanan. Karena ini adalah titik buta yang sangat besar, pengemudi kendaraan lain harus memiliki jarak satu panjang mobil atau lebih dari area belakang truk saat mengemudi di jalan raya dengan banyak jalur. Ketiga, zona di sisi kiri, yang berada di belakang kabin truk di sebelah kiri.

Area ini sekitar 50 persen dari ukuran zona larangan yang tepat. Seperti halnya zona larangan di sisi kanan, berikan jarak satu mobil panjangnya atau lebih dari area belakang truk. Terakhir, zona larangan di sisi belakang truk.

Kabin truk tidak memiliki kaca spion, sehingga pengemudi truk tidak dapat melihat apakah ada orang yang membuntuti di belakang mereka. Jika mereka harus segera berhenti, tailgaters dapat dengan mudah menabrak mereka dan menderita cedera bahkan kematian. Secara keseluruhan, aturan praktis yang baik untuk diingat adalah bahwa ketika Anda tidak dapat melihat wajah pengemudi truk melalui kaca spion atau kaca samping, pengemudi tersebut juga tidak dapat melihat.

Jadi, pindah ke posisi di mana mereka dapat melihat Anda. Jika Anda mencoba untuk lewat di kanan atau kiri truk, Anda harus mencoba untuk tidak tetap berada di area larangan truk di kedua sisi. Juga, jika Anda harus lewat di depan truk, pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk melewati area depan tanpa zona sebelum mendahului truk.

About admin

administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Jumat 26 November 2021: 30 Wilayah Hujan Lebat dan Angin Kencang
Next post Wajib Tahu! Ini Dia Keunggulan Hp Poco X3